Selasa, 17 Februari 2015

Peran Blogger Dimata Publik



Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) akan diberlakukan mulai 31 Desember 2015. Semua pelaku usaha berbondong-bondong memperkuat bisnisnya menghadapi perhelatan ini. Bukan hanya pelaku UKM yang memang rata-rata masih memerlukan berbagai polesan untuk tampil lebih sexy dimata sepuluh negara Asean, pelaku bisnis kelas menengah keatas pun melakukan hal yang sama. Karena permasalahan MEA bukan hanya pada kesiapan produksi dan kualitas produk, bersaing mendapatkan hati pasar yang luas ini melalui promosi juga hal yang paling dikejar untuk dekat dengan pembeli/pelanggan.

Ditengah tingginya biaya iklan yang tidak sebanding dengan efek promosi yang ditimbulkan, kini pelaku bisnis mulai melirik cara lain untuk membangun brand. Secara konvensional peningkatan kesadaran publik sebuah brand memang dapat diciptakan melalui iklan baik media cetak, televisi, maupun iklan-iklan di spot iklan ruang publik. Kondisi yang dipercaya ampuh ini kini telah berubah, dari iklan yang membuang jor-joran anggaran promosi melalui media pada upaya membangun kesadaran publik melalui edukasi produk dan pengayaan konten media online.

Blogger merupakan salah satu penguasa dunia online diseluruh dunia, termasuk Indonesia. Penetrasi internet yang semakin besar di masyarakat serta tingginya pengaruh artikel online pada pembaca, membuat blogger semakin seksi dimata brand-brand ternama. Dan seiring dengan itu zaman pun berubah, blogger yang dahulu menulis sebagai hobi, kini menjadi sebuah profesi layaknya brand-brand ambassador yang di endors perusahaan ternama. Berbagai kegiatan bisnis kini melibatkan blogger sebagai media publikasi dan promosi.

Blogger Indonesia tidak kalah dengan blogger lain didunia dalam dunia publikasi dan promosi membangun brand awareness sebuah produk/jasa. Beberapa prestasi blogger Indonesia misalnya Trinity yang aktif menulis di http://naked-traveler.com diundang dalam peluncuran pesawat terbaru jenis Airbus 350 XWB milik Qatar Airways. Dalam even tersebut Trinity bergabung dengan 150 orang rekan-rekan media dari negara lain di Qatar. Bukan hanya diundang untuk peluncuran saja tetapi mereka juga diajak menjajal layanan kelas bisnis pesawat terbaru maskapai terkemuka ini. 

Trinity bersama CEO Qatar Airways Group Mr. Akbar Al Baker (Sumber: naked-traveler.com)
 Selain trinity, Haya Aliya Zaki seorang blogger sekaligus penulis yang konsen pada kesehatan ibu, anak, dan permasalahan wanita dan anak baru-baru ini juga diundang untuk meliput pelayanan kesehatan di Singapura. Bersama enam orang rekan lainnya, Mba Haya begitu beliau akrab disapa, diajak berkeliling beberapa rumah sakit di Singapura untuk mencoba pelayanan dan merasakan bagaimana bagusnya kualitas pelayanan yang mereka berikan.  Mereka berdua yang saya sebutkan hanya dua orang dari sekian banyak blogger lainnya yang sudah diperhitungkan dalam dunia industri saat ini.
  
Haya Aliya Zaki Melakukan Medical Check Up (Sumber: http://www.hayaaliyazaki.com)
Di Indonesia sendiri kesadaran perusahaan dan pemerintah sepertinya sudah semakin baik terhadap peran blogger dalam mempengaruhi dan mengedukasi masyarakat. Banyak blogger Indonesia yang sudah diajak kerjasama kegiatan promosi mereka. Kini blogger tidak lagi menjadi sekedar hobi di rumah, tetapi sudah mampu bersanding dengan rekan wartawan media lainnya dalam sebuah pemberitaan atau even tertentu. SKK Migas, Bea Cukai, dan Ditjen Pajak  adalah beberapa diantara lembaga pemerintah yang sudah mengajak blogger bersama-sama mengedukasi masyarakat.
 
Blogger bersama Afgan pada peluncuran sebuah produk (Sumber: Facebook Ani Berta)
 Tingkat kepercayaan perusahaan dan lembaga negara kepada blogger semakin meningkat. Humas SKK Migas dalam sambutannya pada acara Kompasiana Nangkring bareng SKK Migas dan Kontraktor KKS (Jakarta, 14/02/2015) mengatakan blogger memiliki pengaruh besar dalam pemberitaan di masyarakat, beliau juga percaya bahwa blogger memiliki kekuatan yang luar biasa dalam menyampaikan berita yang berimbang. Sementara Kepala Seksi Hubungan Masyarakat Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Bapak Herry Kurniawan Nugroho dalam sambutannya pada acara Ngobrol Pajak Bareng Blogger (Jakarta, 17/02/2015) mengatakan blogger sangat dipercaya pembaca dalam memberikan informasi yang baik kepada masyarakat. Selain itu dengan pertumbuhan pengguna internet serta pengaruh blogger yang besar dalam pemberitaan/informasi membuat DJP percaya bahwa blogger pantas diajak bekerjasama dalam mengdukasi/memberikan informasi yang baik tentang pentingnya pajak dalam pembangunan. Kedua contoh diatas menunjukkan betapa besarnya pengaruh blogger dimata publik saat ini.

Ditengah kepercayaan dan harapan publik yang begitu besar, mampukan blogger memenuhi semua harapan tersebut?. Pertanyaan ini menjadi tantangan bagi blogger untuk terus memperbaiki diri, meningkatkan kualitas, dan memperluas jaringan hingga keseluruh pelosok  Indonesia. Dengan demikian nantinya tidak hanya brand-brand besar yang dapat bekerjasama dengan blogger tetapi juga produk-produk UKM pelosok terpencil dan daerah wisata yang belum tersentuh media pun dapat melakukannya. Blogger dengan kekuatan tulisannya mampu memberikan yang terbaik untuk negeri ini. Semoga kedepan kita bisa lebih baik dan mampu memberikan yang terbaik yang kita bisa. Salam semangat untuk kita semua.

Tidak ada komentar: