Rabu, 18 Februari 2015

Blogger Marketing



 
Gambar Ilustrasi (Sumber: www.steamfeed.com)


 Perkembangan penetrasi intenet yang begitu besar di Indonesia memberikan berkah bagi semua orang. Dengan populasi Indonesia berjumlah lebih dari 240 juta jiwa, Indonesia menjadi primadona karena menjadi market terbesar di Asia Tenggara. Pertumbuhan ekonomi yang semakin membaik, meningkatnya jumlah kelas menengah keatas, serta semakin terbukanya masyarakat terhadap perdagangan online membuat peluang dunia bisnis juga meningkat pesat. Iklim seperti ini dipandang sebagai pangsa pasar online yang perlu digarap serius.

Seiring dengan jumlah penetrasi internet, pertumbuhan e-commerce pun semakin pesat di Indonesia. Setiap hari bermunculan berbagai situs jual beli online baik dikelola secara profesional dalam bentuk badan usaha maupun dikelola secara perorangan. Kini jutaan toko dan situs online bertarung memperebutkan pangsa pasar Indonesia yang sangat potensial. Masalahnya adalah mampukah mereka membangun brand awareness yang baik dihati masyarakat, ditengah begitu banyaknya brand yang tumbuh dan berkembang di Indonesia. Belum lagi jika ditambah dengan serbuan brand asing yang memang sudah lebih dulu dikenal publik.

Pertarungan brand untuk memperkenalkan diri dan menjadi pilihan pembeli atau pengguna jasa tidaklah mudah. Dibutuhkan upaya dan kerja keras yang luar biasa untuk mendapatkan konsumen yang benar-benar loyal dengan brand yang diharapkan. Disinilah pentingnya edukasi produk dan pemberian akses informasi yang natural dan terus menerus kepada khalayak agar mendapat tempat dipasar yang sudah terlalu padat. Untuk mengerjakan bagian edukasi produk kepada massa melalui pembangunan konten yang berkualitas, natural, dan memiliki dampak luas biasanya diserahkan kepada blogger.

Blogger memiliki pengaruh besar dalam dunia marketing dan edukasi sebuah produk saat ini. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya jumlah even yang mengumpulkan para blogger diselenggarakan oleh brand-brand besar untuk memperkenalkan produknya. Tidak hanya itu, banyak juga kecenderungan brand-brand ternama yang mulai mengendors blogger untuk melakukan promosi dan edukasi produk melalui konten blog seorang blogger. Melihat kecenderungan ini, kalau boleh saya menyebutnya sebagai blogger marketing, karena memang dalam hal ini seorang blogger di-endors sebuah brand untuk melakukan promosi/marketing kepada khalayak agar produknya dikenal dan dipercaya oleh konsumen. Dalam hal ini blogger seperti artis atau model yang di-endors untuk menjadi Brand Ambassador (BA) sebuah produk agar brand menancap mantap dihati konsumen. Memang blogger tidak mengekpose diri sebagai BA yang harus tampil didepan publik, namun konten yang dibuat seorang blogger bekerja maksimal 24 jam sehari, 7 hari dalam sepekan, dan genap 30/31 hari selama sebulan. Dan itu berlaku sepanjang tulisan itu mengudara. Bayangkan betapa besarnya peran konten blog yang ditulis seorang blogger. 

Menjadi seorang blogger marketing tentu bukan perkara yang mudah. Paling tidak untuk menjadi seorang blogger yang dipercaya mengemban amanah sebuah brand harus memenuhi berbagai indikator pengaruh blog terhadap publik. Paling tidak beberapa indikator tersebut harus memiliki rating blog yang baik, dinilai dengan berbagai macam tools khusus untuk itu. Paling tidak untuk menjadi seorang blogger marketing pertama sekali harus konsisten dalam menulis dan membangun popularitas blog, sedangkan yang lainnya bisa dikerjakan sambil belajar untuk terus lebih baik.

Meningkatnya kepercayaan brand-brand terkemuka terhadap blogger marketing menjadi peluang untuk menjadi professional blogger. Ketika kita mengatakan professional, berarti seseorang yang melakukan sebuah profesi tertentu dan dapat hidup sejahtera dengan profesinya. Demikian juga dengan blogger semoga dengan berkembangnya kepercayaan dunia bisnis terhadap blogger marketing, akan membuat blogger marketing menjadi profesi baru dalam dunia bisnis dan media. Semoga kita dapat mengambil peluang yang bagus ini untuk membuat blogger mampu menjadi lebih baik dan dipercaya dalam industri marketing. 

Salam semangat!.

Tidak ada komentar: