Rabu, 31 Desember 2014

Seni Menemukan Ide Usaha

Menemukan ide usaha tidaklah rumit, namun berbagai pertimbangan dibalik ide tersebut membuat pemilihan sebuah usaha menjadi tidak sederhana.  Banyak hal dapat melatarbelakangi munculnya sebuah ide usaha. Latar belakang dapat berupa pengalaman, pendidikan, keahlian yang sudah dimiliki, lingkungan, dan lain-lain.
Pendidikan
Pendidikan merupakan salah satu yang mempengaruhi seseorang memilih usaha. Selama ini pendidikan dianggap modal yang dapat mengantarkan seseorang untuk dapat sukses. Demkian juga dalam usaha, walaupun pendidikan bukan jaminan seseorang memilih usaha, namun pendidikan dapat menjadi dasar dalam memilih usaha.
Beberapa pendidikan banyak mendominasi jenis usaha yang dikembangkan. Latar belakang pendidikan dibidang teknis biasanya sangat dominan membuat orang memilih usaha dijalur teknis. Diantara pendidikan teknis yang membuat orang menjadikan usaha diantaranya komunikasi, computer, teknik bangunan, arsitektur, teknik jaringan. Pendidikan lainnya yang biasanya juga membuat seseorang menjadikan usaha diantara akuntan, dokter, akuntan, hukum, dan farmasi.
Keahlian
Keahlian merupakan suatu yang penting dalam membuka sebuah usaha. Walaupun demikian bukan tidak mungkin seseorang tanpa keahlian membuka usaha dibidang tersebut. Namun dengan memiliki keahlian paling tidak dapat mempengaruhi lebih dalam tentang usahanya dan dapat mengelola usaha dengan baik. Keahlian dapat diperoleh dari berbagai proses baik otodidak maupun belajar di kursus keahlian.
Pengetahuan yang diperoleh secara otodidiak maupun pendidikan kursus memiliki pengaruh yang sama dalam sebuah usaha. Dalam sebuah usaha semua orang akan kembali belajar dari masalah dan kendala yang dihadapi dalam usaha yang sedang berjalan. Dengan demikian proses pembelajar seperti ini akan meningkatkan pemahaman pengusaha muda dalam membuat usahanya berjalan baik.
Latar belakang keluarga
Latar belakang keluarga juga mempengaruhi seseorang memilih usaha. Dalam keluarga pengusaha penurunan minat usaha berlangsung secara perlahan dan begitu mendalam. Melalui keterlibatan dalam usaha keluarga, anggota keluarga belajar memahami usaha yang berjalan dan pelan-pelan menurunkan minat usaha yang sama pada anggota lainnya. Hal inilah yang membuat rata-rata anak pengusaha akan megikuti usaha yang sama dengan usaha keluarga. Walaupun ada diantaranya yang meilih untuk membangun usaha yang sama sekali berbeda dari orang tuanya.
Pengalaman
Pengalaman didapat dari keterlibatan seseorang dalam sebuah pekerjaan. Bagi seorang yang memiliki karakter yang kuat pengalaman bekerja akan sangat mepengaruhi hidupnya. Mereka biasanya bekerja bukan hanya sekadar menuntaskan tugas belaka, namun lebih dari itu ada usaha untuk menguasai pekerjaannya lebih baik sebagai nilai tambah pribadi. Tipe pekerja inilah nantinya akan menjadi pengusaha baru dibidang yang sama dengan latar belakang pengalamannuya.
Lingkungan
Lingkungan tempat tinggal memang tidak banyak dibahas yang mepengaruhi seseorang untuk berwira usaha. Namun, banyak yang membuka usaha yang dipengaruhi oleh lingkungan tempat tinggalnya. Lingkungan yang mempengaruhi seseorang menjadi ide usaha biasanya lingkungan dengan sumberdaya alam yang cukup baik atau daerah strategis seperti daerah wisata.
Hobbi
Banyak orang mungkin beranggapan bahwa hobby tidak ada gunanyanya. Siapa sangka fakta membuktikan bahwa banyak orang yang sukses karena hobby yang digeluti. Bayangkan saja dengan hobbi yang biasanya dilakukan sebagai cara menghilangkan kejenuhan dapat bermetamorfosa menjadi bisnis yang menggiurkan.

Beberapa orang yang sukses menata hobbi menjadi bisnis seperti ibu yang hobby masak menjadi pebisnis kue dan makanan, pemain bola yang menjadi pebisnis jersey dan asesories, pemain game yang sukses merintis usaha games, dan lain-lain. Di zaman yang semakin berkembang seperti sekarang ini bukan tidak mungkin apapun yang menjadi hobby sehari hari akan menjadi bisnis basah yang menggiurkan.

Tidak ada komentar: