Selasa, 30 Desember 2014

Kekuatan Fokus Dalam Usaha

Fokus merupakan bentuk kesadaran diri untuk melakukan sesuatu dengan tekad dan keyakinan penuh. Dengan fokus maka tubuh akan merangsang alam bawah sadar untuk benar benar menggerakkan seluruh kekuatan untuk bekerja sesuai dengan apa yang sudah direncanakan. Dengan fokus akan melahirkan kekuatan yang luar biasa diantaraya:

Hemat energi
Manusia membutuhkan energi untuk beraktivitas. Demikian halnya untuk berpikir, bekerja, dan melakukan kegiatan lainnya. Energi yang kita punya tidak terlalu besar, sehingga ada kemungkinan kita mengalami kelelahan, lemas, dan tidak bisa berpikir dengan baik. Energi hampir sama dengan semangat. Keduanya sama-sama harus dipupuk dan dijaga. Penggunaannya pun harus diatur, disesuaikan dengan kebutuhan.

Aktifitas yang banyak menuntut energi yang besar. Bila energi tidak cukup maka semua aktifitas itu tidak akan jadi apa-apa. Satu aktifitas yang sempurna lebih baik dari banyak aktifitas tetapi tidak ada yang luar biasa. Dengan melakukan satu aktifitas saja, maka anda akan menyimpan banyak sekali energi untuk anda manfaatkan untuk menjadi luar biasa.

Lebih cepat
Fokus membuat tubuh hematan energi yang luar biasa. Karena energi benar benar terkumpul maka kita bisa bergerak lebih cepat. Dengan hanya memikirkan dan melakukan satu hal yang sinkron maka kita dapat mengambil kesimpulan dan tindakan yang cepat untuk menangani usaha yang sdang berjalan. Kondisinya akan berbeda jika pikiran kita terbelah dan perhatian terpecah, maka energi akan terbagi. Hal ini akan berdampak pada pekerjaan akan lebih lambat. Dengan demikian pasntaslah jika kita fokus maka kita akan melakukan apapun lebih cepat.

Paham lebih dalam
Fokus menyebabkan kita memahami lebih dalam tentang apa kita kerjakan. Bayangkan saja jika sedang mengerjakan sebuah layang-layang yang cukup besar. Ketika kita hanya mengerjakan layang-layang, maka seluruh pikiran dan energi kita tercurah pada bagaimana membuat layang-layang yang paling bagus yang pernah ada. Mungkin kita juga akan berpikir bagaimana supaya bisa terbang lebih indah, membuat warna dengan motif yang sangat menarik, hingga memikirkan benang apa yang harus kita pakai supaya ketika diatas terlihat kilauan menarik dari benang-benag ekor layang-layang yang cantik.

Ketika mampu fokus maka akan detail pula pengetahuan. Curahan perhatian total yang seperti ini akan membuat kita memahami lebih detail tentang apa yang kita kerjakan karena kita punya waktu untuk berpikir, mencari sumber rujukan, berdiskusi dengan orang yang lebih tau, dan mencoba berulang-ulang agar hasil memuaskan. Dengan demikian fokuslah, supaya anda juga bisa paham lebih dalam, lebih detail tentang apa yang sedang anda kerjakan karena hal-hal berikut:
 
Tertantang
Apakah anda sudah pernah berkuda sebelumnya? Kalau belum pernah saya sarankan untuk mencoba. Kuda memang identik dengan romantis, patriotis, dan kuat. Tapi tahukah anda bahwa sebenarnya kuda sangat sulit untuk dikendalikan, kecuali anda memang lahir dan hidup dilingkungan peternakan kuda.

Menunggang kuda membutuhkan konsentrasi penuh. Selain itu dibutuhkan keberanian, kekuatan punggung, dan kaki yang kuat. Kuda itu liar namun jika anda bisa mengendalikannya maka sangat luar biasa. Anda bisa bayangkan bagaimana atlit berkuda mengendalikan kuda dalam pacuan? Lihat bagaimana fokus dan semangat mereka untuk memenangkan pertandingan. Mereka fokus karena kuda itu penuh tantangan dan tidak ada pilihan bagi anda kecuali mengendalikan kuda dengan baik agar jadi pemenang. namun jika tidak maka berpuaslah anda akan dihempas kuda ditengah pacuan dan digerus rombongan kuda lainnya.

Seperti pacuan kuda, bisnis juga demikian. Ketika anda fokus pada satu project maka tidak ada pilihan bagi anda selain tertantang untuk menyelesaikannya dengan baik dan menjadi pemenang. Jika tidak maka bersiaplah anda akan menjadi pecundang yang hanya berani bermimpi dengan imajinasi luar biasa padahal anda belum menjadi apa-apa tanpa bertindak.

Dispilin
Orang yang memiliki tujuan akan fokus dengan apa yang diimpikan. Untuk mencapai tujuannya mereka berhitung berapa lama waktu yang akan dihabiskan. Untuk itu mulailah menghitung waktu anda dan bijaksanalah dalam memanfaatkanya. Sikap seperti ini terus dibentuk hari kehari demikain selanjutnya hingga terbentuk sebuah karakter yang menghargai waktu dan pekerjaan. Bila anda sudah sampai pada tahap seperti ini maka sudah terbentuk sikap disiplin dalam diri.


Mendapatkan lebih banyak
Banyak orang mengatakan ungkapan “sambil menyelam minum air”. Memang tidak ada yang salah dengan ungkapan itu, namun pernahkah kita bayangkan apa yang terjadi jika anda minumair sambil menyelam?. Sudah dapat dipastikan anda akan kesulitan untuk bernapas. Ketika anda berusaha untuk minum air, maka udara akan terdorong keluar dan akibatnya anda akan merasa kehabisan udara dan bisa jadi akan mati karena kehabisan napas. Kenapa anda tidak fokus pada tujuan anda menyelam saja? Bisa anda bayangkan betapa bahagianya anda jika fokus pada tujuan menyelam? Jika anda menyelam bertujuan untruk melihat indahnya panorama bawah laut, entah berapa banyak keindahan yang bisa anda nikmati karena tidak sibuk dengan urusan susah bernapas. Jika anda tujuan memotret ikan-ikan cantik, anda bisa bayangkan berapa banyak ikan yang indah yang bisa anda potret. Dan anda akan sangat puas dengan apa yang anda peroleh karena anda benar-benar mendapatkannya.

Lebih hebat

Semua orang diciptakan dengan kehebatan masing-masing. Tuhan menciptakan semua orang berpotensi hebat, tergantung apakah mau menghebatkan dirinya atau tidak. mark zuckerberg hebat karena mengembangkan facebook. Facebook tidak jadi dalam satu malam tetapi facebook yang begitu hebat sekarang ini dibuat dalam waktu yang lama dan mengalami perbaikan berulang-ulang. Pertama kali facebook dibuat untuk aktifitas socialisasi di kampus kemudian berubah, ditingkatkan hingga seperti sekarang ini. Itupun masih terus dikembangkan dengan penambahan berbagai fitur cangkih. mark zuckerberg hingga saat ini masih fokus mengembangkan facebook dan fokus untuk itu. Kini dia terkenal hebat dan kaya karena ketekunannya membesarkan facebook. Demikian juga orang lain dan anda, harusnya fokuslah pada satu bidang hingga sukses karena suatu saat itu yang akan membuat anda hebat.

Tidak ada komentar: