Selasa, 30 Desember 2014

Bagaimana Cara Memotivasi Diri Untuk Fokus

Pengusaha adalah orang yang sangat mudah tertantang dan tertarik pada sebuah peluang. Sifat ini membuat pengusaha muda sulit untuk fokus merintis satu usaha. Karena fokus  merupakan tindakan yang dilakukan secara sadar, maka untuk bisa fokus dibutuhkan komitmen diri agar konsisten. Berikut ini beberapa hal yang harus dipatuhi dalam membentuk komitmen fokus diantaranya:
Buat jadwal
Pengusaha sukses tidak pernah melewati harinya tanpa rencana. Kalimat itu saya baca berulang-ulang pada sebuah media online. Beberapa nama pengusaha besar disebutkan sebagai orang yang rutin membuat jadwal dan merencanakan aktivitasnya setiap hari. Mereka mempraktekkan hal ini sampai saat ini. Jika mereka saja yang sudah sukses membuat jadwal aktivitas hariannya, mengapa kita tidak?
Membuat jadwal kegiatan sehari-hari akan membuat kita dituntut untuk melakukan sesuai jadwal yang sudah dibuat. Kalau diikuti, maka bayangkan betapa banyak hal luar biasa akan terjadi dalam hidup anda. Kalau begitu faktanya maka buatlah jadwal kegiatan anda mulai sekarang dan praktekkan besok pagi.
Displin
Semua orang tahu displin modal sukses, tapi sayang tidak semua orang mempraktekkannya. Pdahal semua tahu siapaun dan dimanapun berada untuk mendapatkan apapun harus dilandasi displin diri. Sikap disiplin akan menuntun pada ketekunan dan kesuksesan. Bagaimana tidak bisa dikatakan tekun jika setiap jam 07.00 wib kita sudah mulai bekerja secara terencana dan mengakhiri pekerjaan pada pukul  17.00 wib atau bahkan pukul 21.00 wib. Dan bagaimana bisa tuhan tidak sayang dengan orang yang sudah bekerja dalam waktu yang lama dan teratur seperti itu. Coba anda bayangkan, apakah tuhan tega membiarkan seorang dengan ketekunan luar biasa hidup biasa saja? Tentu tidak, maka praktekkan pada diri anda dan mulailah hari ini. Mulai secepat mungkin agar anda mendapatkan hasil lebih cepat. Kalau memungkinkan lakukanlah lebih cepat dari JK. Kalau JK mengatakan lebih cepat lebih baik, maka anda harus mengatakan lebih cepat lagi  jauh lebih baik.
Berani katakan tidak
Kalau anda seorang manusia hal yang satu ini mungkin agak berat. Ya lumrah manusia yang humanis akan sulit mengatakan ini. Bagaimana anda bisa menolak nonton film terbaru, jalan-jalan ke Singapura, Makan siang di restoran terkenal, atau menghadiri jamuan makan malam. Padahal anda sedang dalam jam kerja. Bisa anda bayangkan?. Tetapi, untuk menjadi seorang pengusaha sukses yang dituntut untuk fokus maka anda harus bisa mengatakan tidak untuk sementara waktu. Bukan berarti tidak boleh sama sekali tetapi lakukan itu jika memang anda sedang tidak terikat jam kerja atau hari libur. Dalam hal ini anda harus belajar asertif dan menghargai pekerjaan anda. Beranilah untuk mengatakan, “maaf, saya tidak bisa hari ini”, terdengar aneh untuk pertama kali, tetapi cepat atau lambat anda akan terbiasa.
Ikuti petunjuk
Mungkin kita sering mendengar, “Lakukan apa yang anda tulis dan tulis apa yang anda lakukan”, bukan ini yang akan kita bahas, tetapi kedepan anda harus terbiasa dengan “ikuti petunjuk yang ada dan buat petunjuk anda jika itu tidak memuaskan”. Kalimat ini bukan perintah tetapi maklumat yang harus anda pahami dan lakukan.
Untuk bisa fokus dan sukses maka kita harus terbiasa untuk mengikuti petunjuk yang sudah dibuat. Hal ini agar langkah-langkah yang kita lakukan terstruktur sehingga dapat mencapai tujuan lebih cepat. Dan jika petunjuk yang ada tidak memuaskan menurut anda, maka buatlah petunjuk sendiri dan lakukan itu. Dalam hal ini anda  membuat rencana langkah-langkah yang harus anda lakukan dalam membangun usaha yang anda impikan. Jika ini anda laksanakan dengan baik dan penuh tanggungjawab maka anda akan menjadi pribadi yang luar biasa.
Motivasi diri
Seperti air laut dan bulan purnama, laut mengalami pasang surut dan purnama juga gak selamanya. Demikian juga semangat kita, ada masa semangat dan berkurang semangat. Kondisi ini harus diwaspadai, harus pandai-pandai mempertahankan dan meningkatkan semangat. Karena semangat sangat dibutuhkan maka motivasilah diri anda untuk bisa terus konsisten. Memotivasi diri dapat dilakukan dengan cara:
a.      Menuliskan kata-kata pada selembar kertas dan menempelkannya di meja kerja, cermin, atau dinding
b.      Menghadiri acara-acara seminar bisnis atau wirausaha
c.      Bergabung dalam komunitas bisnis online atau offline
d.      Menghargai diri sendiri dengan memanjakan diri setiap berhasil melakukan sesuatu yang prestisius
e.      Liburan diakhir pekan
f.       Dll
Siap di-bully
Merubah kebiasaan yang berbeda jauh dari biasanya akan berdampak pada dii sendiri dan orang lain. Ketika anda berubah dan mulai menerapkan aturan atas, maka teman-teman bahkan keluarga anda akan merasakan perbedaan yang drastis pada diri anda. Jika mereka tau anda berubah karena bisnis yang mulai anda jalankan, maka mulailah untuk berbesar hati menerima kritik dan bully dari orang lain. Mungkin anda akan dikatakan sok bisnis, mentang-mentang punya usaha, mentang-mentang bos, dan lain sebagainya. Mulailah memahami bahwa sebagian orang belum bisa menerima sikap anda yang disiplin, konsisten, dan berkomitmen terhadap perubahan pribadi kearah yang lebih baik. Biarkan saja proses ini berlangsung karena pada akhirnya semua akan memahami bahwa inilah proses untuk lebih baik.


Tidak ada komentar: