Senin, 29 Desember 2014

Belajar Sukses Usaha; Langkah Manis Miss Rendang


Miss Rendang memang belum terkenal seperti usaha-usaha makanan lainnya. Namun soal rasa, Miss Rendang patut untuk dicoba. Urusan rasa dan kekahasan Miss Rendang sangat membanggakan, namun kita tidak akan membahas sama sekali tentang istimewanya rasa Miss Rendang. Kita akan lebih banyak bercerita tentang bagaimana langkah jitu Miss Rendang menggebrak pasar makanan Indonesia.
Miss Rendang adalah usaha dari seorang sahabat saya yang juga seorang blogger, Mba Waya Komala.  Tentu teman-teman blogger sangat kenal dengan beliau, karena selain aktif juga dikenal pandai olah vokal tentunya. Beberapa hal yang dapat saya ceritakan tentang perjaanan Miss Rendang diantaranya.

Ide
Ide usaha bisa datang darimana saja. Demikian juga dengan Miss Rendang. Ide usaha ini bermula dari kecerdasar sang owner melihat potensi lokal didaerahnya. Sebagai penikmat rendang di kampungnya, membuat rendang tentu tidaklah sulit bagi beliau. Dengan kemampuannya serta ada potensi pasar yang besar karena belum terlalu banyak produk sejenis di pasaran dijadikan peluang untuk mencoba.

Action, Action, dan Action
Segudang ide tidak akan menjadi apa-apa tanpa eksekusi nyata. Hal ini mungkin sudah pernah juga dialami oleh beliau. Untuk kali ini beliau bertekad untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama. Untuk itu beliau langsung mengeksekusi kegiatan usahanya. Dan ini nilai positif yang harus kita contoh karena dalam usaha harus berani untuk memulai. Lakukan dulu sampai semua yang ada dalam pikiran kita selesai, baru kemudian pikirkan lagi karena action, action, dan action sangat penting dalam usaha. Setelah itu berdoalah semoga berhasil.

Utamakan Kualitas
Berbicara masalah usaha maka kita tidak akan terepas dari yang namanya kompetitor. Namun kita tidak perlu takut dengan itu. Kompetitor justru harus dimaknai sebagai semangat yang memicu untuk lebih baik dan terus memperbaiki produk/jasa. Untuk menang dalam perdarungan usaha kualitaslah yang akan berbicara. Kalau soal produk, banyak sekali produk yang ada di pasar, lalu apakah semua berkualitas? Belum tentu, untuk menang maka perbaiki kualitas. Bicara soal kualitas, Miss Rendang sepertinya memahami betul tentang ini, walaupun baru tetapi mampu memahami maunya konsumen. Ini patut kita tiru kalau seandainya nanti memulai usaha.

Belajar dan belajar
Tidak ada usaha yang lahir besar dan sempurna. Semua usaha yang kini menjadi besar dulu dirintis dari usaha kecil dan jatuh bangun. Namun, bukan berarti juga semua usaha harus jatuh bangun, untuk itu perlu belajar dan belajar. Belajar dalam hal ini bisa jadi belajar memahami kekurangan usaha yang kita jalankan, mengindentifikasi kelemahan produk dari segala sisi. Hasil belajar inilah yang harus kita terapkan pelan-pelan memperbaiki sehingga lebih baik. Dalam hal belajar Miss Rendang sepertinya terus ke arah sana, mulai dari melakukan berbagai bentuk ujicoba, mencari yang terbaik, dan belajar dari kesuksesan orang lain akhirnya Miss Rendang melenggang dengan manis saat ini.

Biarkan kritik
Berbicara masalah kritik maka sama halnya dengan kita berbicara masalah kesempurnaan. Tidak ada manusia yang sempurna, demikian juga sebuah produk. Tidak ada produk yang lahir sempurna, demikian pula usaha. Dan semua usaha akan menghadapi hambatan-hambatan kecil seperti kritik.
Kritik yang datang bisa membangun tetapi juga lebih banyak membunuh. Namun jika pandai memahami kritik maka anggaplah semua kritik sebagai bukti perhatian dari orang lain. Ambil saja kritik yang kira-kira bermanfaat dan abaikan kritik yang tidak bermanfaat atau alah buruk sama sekali.

Bila anda sudah memiliki niat usaha, maka mulailah untuk bergerak secepat mungkin. Lakukan langkah-langkah kecil untuk sebuah harapan yang besar. Selamat berjuang, salam semangat...

Tidak ada komentar: