Selasa, 09 April 2013

Detik Forum, Lenovo, & XL Dukung Perkembangan Komunitas Sosial di Indonesia


Ditengah zaman modern yang penuh dengan hiruk pikuk kesibukan dunia kerja dan ditambah dengan kemacetan kota dimana-mana, sulit dibayangkan masih ada kelompok-kelompok social yang disebut dengan “Komunitas” yang eksis di seluruh Indonesia, tak terkecuali Jakarta yang terkenal padat dan Macet.  Detik Forum bekerjasama dengan Lenovo dan XL memupuk kegiatan komunitas dalam kemasan yang apik 7 April 2013 yang lalu. Berikut ringkasannya.

Melalui Kegiatan bertajuk “Blogger Bicara Komunitas”,  Detik Forum, Lenovo, dan XL menunjukkan perhatian dan dukungan yang begitu besar dalam membantu berbagai  komunitas untuk tumbuh, berkembang serta melakasanakan kegiatan komunitasnya.
Indonesia sebagai bangsa yang sangat mendukung budaya ketimuran dengan nilai sosial yang tinggi, maka pertumbuhan komunitas sebagai sarana kumpul-kumpul dan sosialisasi antar anggota dengan berbagai latar belakang namun punya hobby atau minat yang sama menjadi suatu kebutuhan yang luar biasa.

Acara yang dihelat di Damang CafĂ© & Resto- Sarinah  tersebut dihadiri lebih dari 100 orang Blogger dari seluruh Nusantara yang berasal dari berbagai latar belakang komunitas seperti komunitas Blogger, Kopdar Jakarta, mig33, Kartunet, Sugar Glider Fun & Crazy (SGFC), Asean Blogger, Emak Blogger, dan lain-lain. Dipandu dua Orang MC dan diiringi musik oleh seorang keyboardis Internasional (yang biasa ngiringin Bon Jovi-Red) acara berjalan sempurna (kata Demian-Red).
Acara ini pada dasarnya membahas “penting tidak akan adanya sebuah komunitas, bagaimana pengalaman peserta masing-masing dalam komunitasnya baik dalam membangun komunitas, aktivitas, manajemen, hingga bagaimana komunitas menangani konflik atau dilema yang terjadi dalam sebuah hubungan social (Manajemen Konflik versi anak kuliahan)”.  

Menurut saya, acara seperti ini perlu terus dilaksanakan, karena akan merangsang tumbuhnya komunitas masayarakat yang positif bagi anggota maupun lingkungan sosial. Sehingga image komunitas yang melekat dengan “Galak, awut-awutan, mengganggu orang di jalananbisa hilang atau minimal berkurang. Karena pada intinya adalah komunitas bukan hanya Genk ABG Labil, anak jalanan (tanpa bermaksud menyinggung yang suka konvoi-Red), trek-trekan. Tetapi komunitas merupakan kumpulan orang-orang yang punya satu atau beberapa nilai positif, berkumpul berbagi untuk meningkatkan kemampuan, minat, skill sehingga lebih baik dan memiliki nilai dalam hidup masing-masing, disamping mendapatkan teman baru, lingkungan baru, dan dukungan sosial (social support) tentunya.

Dan sebagai masayarakat Indonesia yang lekat dengan budaya kumpul-kumpul dengan semboyan makan gak makan yang penting ngumpul, maka komunitas menjadi bagian dari kebutuhan. Bagaimana dengan diperkotaan, yang katanya super duper sibuk dalam pekerjaan, keluarga, dan kegiatan-lain yang tidak selalu bias berkumpul dengan komunitasnya? Saat ini tentu banyak solusi untuk hal ini.

Bagi agan-agan yang sibuk, tetapi ingin bertemu dengan anggota komunitasnya setiap hari bisa melalui dunia maya yang kian berkembang pesat saat ini. Salah satu cara yang sering saya lakukan misalnya, nimbrung di Detik Forum walaupun Cuma iseng baca tanpa meninggalkan jejak (tanpa komen-Red) (So…Segera buat account kamu di DF ya Gan!!! Biar hidup tambah seru), Selain itu,  coba deh main-main ke http://www.lenovo.com/id/en/ buat pilih-pilih produk yang cocok dengan kebutuhan sosial dan kepribadian kamu (Sssst … banyak yang baru dan bagus loh, serius…). ..

Dan terakhir yang menarik adalah untuk menghemat pemakaian pulsa bulanan kita, maka pilih provider telkomunikasi yang mendukung komunitas kita. Kebetulan nih (saya juga baru tau kemarin) XL punya layanan terbaru yang akan dipersembahkan untuk seluruh komunitas yang ada di Indonesia yaitu akan ada diskon buat anggota komunitas yang punya anggota minimal 100 orang (Kudu pakai XL ya, soalnya yang dihitung adalah nomor anggota pengguna XL saja gan…) dan ada subsidi buat Komunitas dari XL (Nah looo…), Selain itu lagi nih…. (kebanyakan ya???)  buat komunitas yang pengen bikin acara yang super gila, setengah gila monggo masukin proposal kamu ke Youth Departement-nya XL (kembali, ada syaratnya ya…) untuk mendapat support kegiatan minimal aqua gelas ya Gan (buat nurunin panas, efek global warming Gan), dan yang terakhir buat komunitas kamu yang ada di Jakarta tersedia tempat gratis untuk ngumpul-ngumpul acara komunitas kamu. Nah, tunggu apa lagi, keren kan DF, Lenovo, dan XL dalam men-support komunitas di Indonesia? Tunggu apa lagi… buruan, ketinggalan sama becak repot loh… hahha.

Udahan dulu ya, edisi Blogger Bicara Komunitas, tapi buat kamu-kamu yang mau tau serunya acara bisa  lihat Foto-Foto jepretan temen2  panitia & Peserta berikut (Sumber Foto: FB BlogDetik).

 
Pemandu Acara (Host) Blogger Bicara Komunitas



Hiburan yang diiringi Keyboardis Internasional (haha)
Acara Pertama makan-makan (beda dari acara lain)



Diskusi (serius banget Gan, kayaknya..)
Persiapan Lomba Yel-yel & Kekompakan (Explore Community)
Lomba yel-yel
Lomba Yel-Yel
Menuju Final (Explore Community)
Tantangan Final
Tantangan Final
Pemenang Fun Games, membawa pulang Hadiah dari Mba Titis (Lumayan Gede nih Vochernya, Mba Titis TeOpE BGT)
Pemenang Komunitas paling Kompak dan Yel-yel Terbaik (Explore Community)
Pemenang DoorPrize Lenovo (wow)
Dari Komunitas Bicara Film (Sutradara ini loh)
Dari Kartunet
Angin Mamiri Blogger- Makassar
Kopdar Jakarta

SGFC
jakarta Blogger
Seperti Biasa ditutup dengan Sesi Foto Bersama... Ciiiiiiiiiiiiiiiiiiiiis....


So… buat Agan-agan yang baca…gak ada ruginya nimbrung di Detik Forum ya, ayo gabung segera, dan kumpulkan berkahnya. Semoga Bermanfaat.....

6 komentar:

Anonim mengatakan...

Hahaha iya neh kalo ga dateng rugi.itu ngmong2 pd ngapain aja ya?.hehehe
sob,itu mas indra ngajakin ktmuan sabut/minggu di demang.gmn pd bs ga nih?
Feedback ke blog ane ya :D

Catcilku mengatakan...

Seru emang acaranya, tapi sayang tidak ikutan foto barengnya :((

Mitra Nusa Marketika mengatakan...

wah itu namanya pergi tanpa kesan..hahha
Kirim pas photo 3x4 buat di tempel di sudut kanan atas foto bersama hehhe **kidding

Mitra Nusa Marketika mengatakan...

asik asik asiiik....

Awan mengatakan...

hallo hallo...
akhirnya sampai juga dirumah mu Mas bro... hehehehe

Acara kemarin itu seru bangaaat, dan salah satu keuntungannya bisa ketemu dan berteman dengan Explore Community yang kompaknya luar biasa... hehehehhe

kapan nich Explore pada kumpul?
di tunggu di group WA :)

Mitra Nusa Marketika mengatakan...

Hello juga,
thanks sudah mampir
Explore Community itu berkah loh, seru gila
semoga lebih erat di WA... sip aq segera bergabung...