Kamis, 26 Maret 2015

Pentingnya Promosi Produk UKM Untuk Membangun Brand Awarness


Gambar Ilustrasi (Sumber: budiawan-hutasoit.blogspot.com)

Pernahkah kita berpikir kenapa banyak produk perusahaan multinasional yang sudah terkenal masih beriklan. Lihat saja produk-produk perawatan tubuh & kecantikan, makanan, bahkan produk otomotif sekalipun masih beriklan disaat namanya sudah melambung tinggi. Bahkan rela merogoh budget yang fantastis untuk beriklan.

Iklan yang dilakukan sejumlah produk ternama tersebut bukan hanya untuk mengejar jumlah penjualan. Target lain dari promosi iklan seperti ini adalah bagaimana mempertahankan eksistensi produk di mata publik. Tentu saja tujuan akhir dari iklan semacam ini adalah untuk meningkatkan brand awareness terhadap produknya yang akan bermuara pada posisi sebuah produk terhadap produk yang sama dalam persaingan pasar.

Fenomena iklan produk-produk yang sudah memiliki nama besar merupakan sebuah contoh betapa pentingnya promosi untuk meningkatkan brand awareness. Peningkatan brand awareness sendiri akan membentuk posisi produk yang baik, terlebih dalam persaingan pasar yang sudah sangat padat.

Untuk kondisi pasar saat ini, dibutuhkan upaya promosi yang lebih kencang untuk mendapatkan hati konsumen. Dengan peningkatan jumlah promosi iklan, maka sangat memungkinkan untuk menambah jumlah orang yang terekpos brand yang kita miliki. Dengan demikian kemungkinan untuk mendapatkan pasar yang lebih besar kian terbuka. Lalu bagaimana dengan produk UKM?

Hingga saat ini, sedikit UKM yang sudah mulai melakukan promosi iklan melalui media publik baik televisi maupun cetak. Kondisi ini tentu dipahami karena dibutuhkan dana yang besar untuk dapat beriklan di media tersebut. Hal ini bukan berarti UKM tidak bisa melakukan promosi. Banyak cara-cara kreatif yang dapat dilakukan untuk promosi, terlebih dengan perkembangan media sosial sangat mungkin UKM juga mendapatkan peluang yang sama membangun brand awareness.

UKM bisa memanfaatkan sosial media untuk melakukan promosi dan membangun brand awareness. Media sosial yang umumnya gratis ini, jika dimanfaatkan dengan baik akan mendatangkan pengaruh yang luar biasa. Tentunya dengan cara-cara yang kreatif agar kegaiatn promosi menjadi fun dan berdampak positif. Banyak sekali ulasan tentang cara promosi kreatif bertebaran, tinggal bagaimana  memahami dan mencoba mempraktekkannya. Dengan demikian, kondisi budget yang tidak terlalu besar bukan alasan UKM tidak melakukan promosi dan meningkatkan brand awareness produknya.

Peningkatan Brand awareness sangat penting dilakukan produk UKM. Terlebih menghadapi pasar MEA yang akan datang, untuk memenangkan pasar MEA dibutuhkan brand awareness yang tinggi. Bukan tidak mungkin dengan pertarungan pasar terbuka kita akan kalah karena edukasi pasar yang terlambat atau tidak dilakukan. Disamping ada kecendruangan pasar domestik  yang lebih terpikat dengan produk asing walaupun dengan kualitas dan harga yang sama. Disinilah pentingnya edukasi pasar dan kesadaran brand.

Demikian sedikit ulasan tentang pentingnya brand awareness bagi produk UKM, semoga produk local mampu berjaya dalam pertaruangn pasar dalam maupun luar negeri.

Tidak ada komentar: