Gambar Ilustrasi (Sumber: www.steamfeed.com) |
Perkembangan penetrasi intenet yang
begitu besar di Indonesia memberikan berkah bagi semua orang. Dengan populasi
Indonesia berjumlah lebih dari 240 juta jiwa, Indonesia menjadi primadona
karena menjadi market terbesar di Asia Tenggara. Pertumbuhan ekonomi yang
semakin membaik, meningkatnya jumlah kelas menengah keatas, serta semakin
terbukanya masyarakat terhadap perdagangan online membuat peluang dunia bisnis
juga meningkat pesat. Iklim seperti ini dipandang sebagai pangsa pasar online yang
perlu digarap serius.
Seiring dengan jumlah penetrasi
internet, pertumbuhan e-commerce pun semakin pesat di Indonesia. Setiap hari
bermunculan berbagai situs jual beli online baik dikelola secara profesional
dalam bentuk badan usaha maupun dikelola secara perorangan. Kini jutaan toko dan
situs online bertarung memperebutkan pangsa pasar Indonesia yang sangat
potensial. Masalahnya adalah mampukah mereka membangun brand awareness yang baik dihati masyarakat, ditengah begitu
banyaknya brand yang tumbuh dan
berkembang di Indonesia. Belum lagi jika ditambah dengan serbuan brand asing yang memang sudah lebih dulu
dikenal publik.
Pertarungan brand untuk memperkenalkan diri dan menjadi pilihan pembeli atau
pengguna jasa tidaklah mudah. Dibutuhkan upaya dan kerja keras yang luar biasa
untuk mendapatkan konsumen yang benar-benar loyal dengan brand yang diharapkan. Disinilah pentingnya edukasi produk dan
pemberian akses informasi yang natural dan terus menerus kepada khalayak agar
mendapat tempat dipasar yang sudah terlalu padat. Untuk mengerjakan bagian
edukasi produk kepada massa melalui pembangunan konten yang berkualitas,
natural, dan memiliki dampak luas biasanya diserahkan kepada blogger.
Blogger memiliki pengaruh besar dalam
dunia marketing dan edukasi sebuah produk saat ini. Hal ini bisa dilihat dari
banyaknya jumlah even yang mengumpulkan para blogger diselenggarakan oleh brand-brand besar untuk memperkenalkan
produknya. Tidak hanya itu, banyak juga kecenderungan brand-brand ternama yang mulai mengendors blogger untuk melakukan promosi dan edukasi produk melalui
konten blog seorang blogger. Melihat kecenderungan ini, kalau boleh saya
menyebutnya sebagai blogger marketing,
karena memang dalam hal ini seorang blogger di-endors sebuah brand untuk
melakukan promosi/marketing kepada khalayak agar produknya dikenal dan
dipercaya oleh konsumen. Dalam hal ini blogger seperti artis atau model yang di-endors untuk menjadi Brand Ambassador (BA) sebuah produk agar
brand menancap mantap dihati
konsumen. Memang blogger tidak mengekpose diri sebagai BA yang harus tampil
didepan publik, namun konten yang dibuat seorang blogger bekerja maksimal 24
jam sehari, 7 hari dalam sepekan, dan genap 30/31 hari selama sebulan. Dan itu
berlaku sepanjang tulisan itu mengudara. Bayangkan betapa besarnya peran konten
blog yang ditulis seorang blogger.
Menjadi seorang blogger marketing
tentu bukan perkara yang mudah. Paling tidak untuk menjadi seorang blogger yang
dipercaya mengemban amanah sebuah brand
harus memenuhi berbagai indikator pengaruh blog terhadap publik. Paling tidak
beberapa indikator tersebut harus memiliki rating blog yang baik, dinilai
dengan berbagai macam tools khusus untuk itu. Paling tidak untuk menjadi
seorang blogger marketing pertama sekali harus konsisten dalam menulis dan
membangun popularitas blog, sedangkan yang lainnya bisa dikerjakan sambil
belajar untuk terus lebih baik.
Meningkatnya kepercayaan brand-brand terkemuka terhadap blogger
marketing menjadi peluang untuk menjadi professional blogger. Ketika kita
mengatakan professional, berarti seseorang yang melakukan sebuah profesi
tertentu dan dapat hidup sejahtera dengan profesinya. Demikian juga dengan
blogger semoga dengan berkembangnya kepercayaan dunia bisnis terhadap blogger
marketing, akan membuat blogger marketing menjadi profesi baru dalam dunia
bisnis dan media. Semoga kita dapat mengambil peluang yang bagus ini untuk
membuat blogger mampu menjadi lebih baik dan dipercaya dalam industri marketing.
Salam semangat!.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar