Gambar Ilustrasi (Sumber: budiawan-hutasoit.blogspot.com) |
Pernahkah kita berpikir kenapa banyak
produk perusahaan multinasional yang sudah terkenal masih beriklan. Lihat saja
produk-produk perawatan tubuh & kecantikan, makanan, bahkan produk otomotif
sekalipun masih beriklan disaat namanya sudah melambung tinggi. Bahkan rela
merogoh budget yang fantastis untuk beriklan.
Iklan yang dilakukan sejumlah produk
ternama tersebut bukan hanya untuk mengejar jumlah penjualan. Target lain dari
promosi iklan seperti ini adalah bagaimana mempertahankan eksistensi produk di
mata publik. Tentu saja tujuan akhir dari iklan semacam ini adalah untuk
meningkatkan brand awareness terhadap produknya yang akan bermuara pada posisi
sebuah produk terhadap produk yang sama dalam persaingan pasar.
Fenomena iklan produk-produk yang
sudah memiliki nama besar merupakan sebuah contoh betapa pentingnya promosi
untuk meningkatkan brand awareness. Peningkatan brand awareness sendiri akan
membentuk posisi produk yang baik, terlebih dalam persaingan pasar yang sudah
sangat padat.
Untuk kondisi pasar saat ini,
dibutuhkan upaya promosi yang lebih kencang untuk mendapatkan hati konsumen.
Dengan peningkatan jumlah promosi iklan, maka sangat memungkinkan untuk
menambah jumlah orang yang terekpos brand yang kita miliki. Dengan demikian
kemungkinan untuk mendapatkan pasar yang lebih besar kian terbuka. Lalu
bagaimana dengan produk UKM?
Hingga saat ini, sedikit UKM yang
sudah mulai melakukan promosi iklan melalui media publik baik televisi maupun
cetak. Kondisi ini tentu dipahami karena dibutuhkan dana yang besar untuk dapat
beriklan di media tersebut. Hal ini bukan berarti UKM tidak bisa melakukan
promosi. Banyak cara-cara kreatif yang dapat dilakukan untuk promosi, terlebih dengan
perkembangan media sosial sangat mungkin UKM juga mendapatkan peluang yang sama
membangun brand awareness.
UKM bisa memanfaatkan sosial media
untuk melakukan promosi dan membangun brand awareness. Media sosial yang
umumnya gratis ini, jika dimanfaatkan dengan baik akan mendatangkan pengaruh
yang luar biasa. Tentunya dengan cara-cara yang kreatif agar kegaiatn promosi
menjadi fun dan berdampak positif. Banyak sekali ulasan tentang cara promosi
kreatif bertebaran, tinggal bagaimana memahami dan mencoba mempraktekkannya. Dengan
demikian, kondisi budget yang tidak terlalu besar bukan alasan UKM tidak
melakukan promosi dan meningkatkan brand awareness produknya.
Peningkatan Brand awareness sangat
penting dilakukan produk UKM. Terlebih menghadapi pasar MEA yang akan datang,
untuk memenangkan pasar MEA dibutuhkan brand awareness yang tinggi. Bukan tidak
mungkin dengan pertarungan pasar terbuka kita akan kalah karena edukasi pasar
yang terlambat atau tidak dilakukan. Disamping ada kecendruangan pasar domestik
yang lebih terpikat dengan produk asing
walaupun dengan kualitas dan harga yang sama. Disinilah pentingnya edukasi
pasar dan kesadaran brand.
Demikian sedikit ulasan tentang
pentingnya brand awareness bagi produk UKM, semoga produk local mampu berjaya
dalam pertaruangn pasar dalam maupun luar negeri.